Jumat, 28 Oktober 2011

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

^Pengertian ISD
Pengertian ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mempelajari,mengkaji atau mendalami tentang masalah sosial. Ilmu sosial dasar juga mempelajari sebab,akibat ,maupun solusi yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah sosial..Ilmu sosial dasar juga memandu masyarakat dalam menyelesaikan masalah sosial yang ada ,dengan menggunakan beberapa teori maupun filsafat atau pendapat dari berbagai tokoh.


^Tujuan ISD
Tujuan dari ilmu sosial dasar adalah untuk menemukan solusi ataupun memberi jalan keluar atas masalah masalah sosial yang ada/muncul saat ini, ilmu sosial dasar juga bisa menjadi acuan atau dasar dalam  hal mengambil keputusan atau masalah sosial.
Tujuan isd dalam perkuliahan di perguruan tingggi adalah agar mahasiswa mengerti atau peka terhadap masalah sosial yang ada saat ini dan juga bisa mengambil atau ikut memutuskan solusi atau jalan keluar dari permasalahan sosial yang ada. isd juga bisa membantu mahasiswa agar mengerti betapa pentingnya memahami keadaan sosial yang ada zaman sekarang


^Ruang Lingkup ISD
Ruang lingkup atau kajian dalam isd ada 2 yaitu masyarakat dan lembaga sosial. Ruang lingkup manusia membahas atau meliputi tentang masalah kependudukan dll. sedangkan lembaga sosial mengkaji masalah masalah yang terdapat didalamnya .


^Pokok Bahasan ISD
sumber : http://wisnuardiansyah.wordpress.com/2010/10/03/pengertian-isd-ilmu-sosial-dasar/


Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan
masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miranti Rahmanisa Template by Ipietoon Cute Blog Design