Senin, 20 April 2015

2.Spesialisasi keahlian komputer beserta contohnya

Didalam dunia IT, memiliki beberapa spesialisasi dalam profesionalisme kerja, diantaranya yaitu :

1.Spesialisasi Bidang System Operasi dan Networking

• System Enginer : Systems Enginner memiliki tugas antara lain :
- Menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan
- Memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya
- Melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.

• System Administrator : System Administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin, dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem. 


2. Spesialisasi Bidang Pengembangan Aplikasi dan Database

• Application Developer : Peranannya meliputi menulis spesifikasi dan merancang, membangun, menguji, mengimplementasikan dan terkadang yang membantu aplikasi seperti bahasa komputer dan development tool. Application developer bekerja dalam range yang luas pada sektor bisnis seperti sektor publik, biasanya menjadi bagian dari tim dengan IT professional lainnya seperti system/busineess analyst dan technical author. Mereka bekerja pada produk umum yang dapat dibeli atau untuk client individual menyediakan bespoke solutions.

• Database Administrator : database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager. 


3. Spesialisasi Audit dan Keamanan Sistem Informasi

• Information System Auditor : dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang mereka audit (auditee).

• Information Security Manager : Information Security Manager adalah pemilik proses untuk fungsi Keamanan Informasi Manajemen dalam suatu perusahaan atau organisasi


Sumber :: rio_wirawan.staff.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miranti Rahmanisa Template by Ipietoon Cute Blog Design