Sabtu, 26 November 2011

Pelapisan Sosial dan Persamaan Derajat

^Penjabaran lapisan Sosial
Pelapisan sosial merupakan pembagian/pembedaan masyarakat ke dalam berbagai tingkat kelas sosial. Masyarakat dibedakan dalam berbagai tingkat tergantung sesuatu yang dipandang atau dihargai oleh masyarakat, seseorang juga bisa mendapatkan hak hak istimewa berdasarkan stratifikasi sosial yang ia miliki. 
Pelapisan sosial dibagi menjadi dua yaitu pelapisan sosial tertutup dan terbuka. Pelapisan sosial tertutup adalah tidak memungkinkan seseorang untuk berpindah posisi/pelapisan.
 Biasanya beberapa contoh pelapisan sosial tertutup adalah : 
1.berdasarkan tahta ataupun jabatan
2.berdasarkan keahlian atau profesi
3.berdasarkan keturunan (bangsawan) 
Pelapisan Sosial ada yang tertutup dan ada juga yang terbuka , Pelapisan Sosial terbuka adalah memungkinkan seseorang untuk pindah posisi/lapisan , pergerakan nya dinamakan mobilitas sosial.
Dampak negatif adanya pelapisan sosial yaitu terjadi sebuah kesenjangan sosial sehingga terdapat jarak antara manusia satu dengan yang lain.

^Kesamaan Derajat
Kesamaan derajat adalah kesamaan hidup dan kesamaan dalam memperlakukan seseorang dengan semesti nya tanpa membeda bedakan ataupun memandang sesuatu yang lebih. Kita sebagai manusia tidak boleh membeda bedakan ataupun mengucilkan orang. Setiap manusia juga mempunyai hak untuk diperlakukan secara wajar dan manusiawi. Sebagai contoh, memperlakukan orang yang mempunyai kekurangan atau cacat , kita tidak boleh menghina atau pun memperlakukan nya secara rendah, karna menurut UUD manusia mempunyai hak untuk persamaan derajat, setiap manusia pun pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan jadi kita harus memperlakukan secara wajar dan menghargai persamaan derajat.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miranti Rahmanisa Template by Ipietoon Cute Blog Design