Jumat, 27 April 2012

Manusia dan Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah sesuatu yang dijadikan acuan atau pedoman oleh seseorang dalam hidupnya. Setiap orang pasti mempunyai pandangan hidupnya masing masing. Pandangan hidup lahir dari pemikiran manusia itu sendiri,manusia pasti memikirkan tujuan hidupnya,apa yang harus ia capai dan apa yang harus ia peroleh untuk masa depannya,maka dari itu muncul lah pandangan hidup. Pandangan hidup juga berguna untuk membuat kita hidup lebih terarah dan mempunyai maksud dan tujuan yang jelas.
Pandangan hidup digolongkan menjadi 3 yaitu:
1.Pandangan hidup yang berasal dari Agama dan mutlak kebenarannya
2.Pandangan hidup yang berupa ide/pemikiran yang sesuai dengan kebiasaan atau budaya dalam negara masing masing
3.Pandangan hidup yang merupakan hasil pemikiran dari seseorang itu sendiri,yang kebenarannya relative
Cita cita juga merupakan unsur dari pandangan hidup, beda nya adalah cita cita itu adalah keinginan kita atau sesuatu yang ingin kita capai dan wujudkan. Dalam menggapai cita cita kita haruslah bersungguh sungguh dan bertekad dengan sepenuh hati untuk mencapainya,tetapi ada faktor faktor yang mempengaruhi cita cita itu akan tercapai atau tidak,yaitu:
1.Faktor Manusia
Faktor manusia adalah faktor diri kita sendiri,yaitu bagaimana kita bisa membangun diri kita untuk terus menggapai cita cita, jangan sampai berputus asa dalam menggapai apa yang kita inginkan, kita harus berusaha semaksimal mungkin, jangan sampai cita cita kita hanya menjadi mimpi belaka, hanya di bayangkan, hanya ada diangan angan tapi kita tidak berusaha untuk menggapainya,itu sama saja hal yang sia sia. Tuhan juga tidak akan memberikan rezeki jika manusia tersebut tidak mencari atau menjemput rezeki nya itu. Jika hanya berdiam diri saja kita tidak akan mendapat apa apa.
2.Faktor Keadaan
Keadaan juga mendukung kita dalam mencapai cita cita,jika kita berada dikeadaan yang mudah,kita juga akan mudah untuk menggapai cita cita,tetapi jika kita dihadapkan pada satu keadaan yang sulit , kita tidak boleh berputus asa, kita harus melewati rintangan atau keadaan sesulit apapun,dan Tuhan juga tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umatnya,semua pasti ada jalan keluarnya,maka dari itu jika kita dihadapkan pada kondisi sesulit apapun kita harus berusaha untuk keluar dari keterpurukan itu dan terus berjuang untuk menggapai cita cita.
3.Faktor Tingginya Cita Cita
Memang ada pepatah yang mengatakan "Gapailah Cita Citamu setinggu langit" tetapi terkadang kita juga harus menempatkan diri,kita harus bisa memperhatikan cita cita mana yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan kita,tetapi dengan keadaan yang bertahap dan dengan kesungguhan, kita bisa mencapai cita cita setinggi apapun walau sulit tapi dengan tekad yang bulat pasti semua akan tercapai.
Intinya dalam berpandangan hidup yang baik kita harus memperhatikan segala sisi,yaitu dari sisi agama, norma kebudayaan atau bahkan dari sisi diri kita sendiri, kita harus bisa menggabungkan ketiga nya agar pandangan hidup kita menjadi pandangan hidup yang baik dan sesuai.










0 komentar:

Posting Komentar

 

Miranti Rahmanisa Template by Ipietoon Cute Blog Design