Kamis, 26 April 2012

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita . Kata derita berasal dari bahasa sansekerta "dhara" yang berarti menahan atau menanggung. Berarti bisa disimpulkan Penderitaan itu adalah menahan , merasakan , sesuatu yang tidak enak, tidak nyaman .
Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan dalam hidupnya , penderitaan berasal dari banyak hal , mulai dari masalah hidup yang tak kunjung selesai ,masalah tersebut hanya dipendam dan tidak dicari jalan keluarnya, depresi atau tekanan dari berbagai hal ,contohnya tuntutan agar kita selalu sempurna dan tidak melakukan satu kesalahan apapun tanpa terkecuali , karna keinginan yang tidak tersampaikan atau tidak tersalurkan,keinginan yang dipaksakan atau sama saja dengan memaksakan kehendak diri sendiri sehingga menyebabkan penderitaan hati, karna musibah atau cobaan yang diberikan oleh Tuhan, contohnya seperti penyakit atau kecelakaan parah.

Penderitaan dapat menimbulkan dampak yang positif dan juga negatif :
1.Dampak positif 
Seseorang bisa memetik hikmah dan pelajaran dari penderitaan yang ada ,bisa lebih mengkoreksi diri atas apa yang diterima dihidupnya, bagaimana bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk kedepan nya dan bisa ikhlas untuk menerima segala penderitaan yang ada.
2.Dampak Negatif 
Seseorang yang merasakan penderitaan bisa berputus asa dan bahkan merasakan ketidakadilan dari Tuhan, berfikir bahwa Tuhan tidak adil kepada diri nya,dan mungkin bisa berfikiran untuk mengakhiri hidupnya.

Penderitaan tidak terus menerus menerpa diri kita , kita juga harus bisa mengatasi penderitaan yang ada , jangan sampai kita terus menerus terjerumus didalam penderitaan yang amat sangat dan berkepanjangan , mengatasi penderitaan bisa dengan cara menjalani hidup dengan rasa optimis, menyelesaikan setiap masalah yang ada, menyelesaikannya dengan cara bertahap, menerima segala keputusan atau takdir Tuhan dengan lapang dada dan ikhlas sehingga kita bisa menjalani hidup dengan baik tanpa mengeluh,dan mendekatkan diri       kepada Tuhan agar kita bisa lebih menjadi pribadi yang baik dan mengingat Tuhan atas apa yang terjadi dihidup kita baik ataupun buruk
Add caption



0 komentar:

Posting Komentar

 

Miranti Rahmanisa Template by Ipietoon Cute Blog Design