Jumat, 04 Juli 2014

Resensi Novel




Kata Hati

 


Judul Buku : Kata Hati
Penulis : Bernard Batubara
Kategori Buku : Novel dan Cerita
Penerbit : Bukune
Tahun Terbit : 2012
Cetakan Pertama : 2012
ISBN : 602-220-063-6
Tebal Buku : 196 halaman
Harga Buku : Rp.39.000


Kepengarangan:
Kata hati adalah novel dari penulis Bernard Batubara. Lahir 9 juli 1989, lulusan teknik yang menyenangi segala hal yang berbau seni, terutama tulisan dan fotografi. Buku puisi pertamanya angsa angsa ketapang (Greentea,2010). Kata Hati adalah novel pertamanya.

Sinopsis
Randi, seorang pria yang amat menyukai kopi hitam dan juga fotografi. Randi mempunyai seseorang dari masa lalu yang bernama dera. Randi dan dera menjalin hubungan 5 tahun lama nya, namun pada akhirnya takdir memutuskan mereka untuk berpisah. Dera, memang begitu sadar bahwa ia memiliki rupa yang cantik, sehingga dengan begitu mudahnya ia meladeni pria lain yang datang dihidupnya, tanpa memikirkan bahwa ia sudah memiliki seseorang dihidupnya, yaitu Randi. Sampai pada akhirnya, Randi sudah terlalu lelah akan kebohongan Dera.

Hari demi hari dijalani Randi tanpa Dera dihidupnya. Sudah setahun lebih Randi berpisah dengan Dera, namun ia masih terngiang akan kenangannya bersama Dera. Kafe Djendello Koffie adalah tempat dimana ia selalu menghabiskan waktunya bersama Dera. Semua hal di Djendello tak pernah berubah dan selalu mengingatkan nya akan masa lalu nya itu.

Sampai pada suatu hari, saat sedang menghadiri sebuah pameran foto di Djendello, Randi berkenalan dengan seorang wanita bernama Filla. Wanita yang berkulit putih dan berambut panjang. Filla begitu menyukai fotografi dan juga mempunyai senyum yang manis. Filla pun mempunyai kebiasaan yang sama dengan Dera, yaitu menyukai cokelat panas dengan sedikit gula. Kebiasaan Filla itu membuat Randi semakin terhenyak dan teringat akan Dera. Filla mempunyai sahabat bernama Adrian. Mereka bersahabat selama 10 tahun, namun sebenarnya Filla menyimpan perasaan lebih dari sahabat kepada Adrian tetapi ia tidak mampu untuk mengatakan nya . Hingga pada saatnya, Adrian harus pergi ke Australia.

Seiring berjalannya waktu, Randi dan Filla semakin mengenal satu sama lain, mereka pun sering menghabiskan waktu bersama. Hati Randi pun, sedikit demi sedikit mulai mengenal kembali arti senyuman. Sampai pada suatu waktu, Dera menghubungi Randi kembali. Randi tidak mengerti apa sebenarnya tujuan Dera, yang ia tahu, hatinya menjadi bimbang kembali. Dera ternyata ada di Yogya dan ia ingin bertemu dengan Randi. 

Dera sengaja kembali ke Yogya untuk bertemu Randi, mengadu atas keresahan hatinya. Dera sudah putus dengan kekasihnya yang bernama Andre. Dera ingin kembali kepada Randi dan memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Dera juga turut mengusik kedekatan Randi dengan Filla. 

Filla mencurahkan keresahan hatinya kepada Randi, tentang Dera. Ia merasa menghalangi Randi dan Dera untuk kembali bersama, namun di satu sisi, Filla tidak ingin merasakan kehilangan yang kedua kalinya.
Namun, Randi meyakinkan Filla bahwa ia tidak akan pernah kembali pada Dera. Hanya Filla yang diinginkannya bukan Dera. 

Andre, mantan pacar Dera, kembali menemui nya dan meminta maaf atas sikap kasarnya. Andre akan pergi ke Tokyo dan menginginkan Dera ikut bersamanya. Dera pun memutuskan bertemu Randi untuk terakhir kalinya, namun ia tersadar saat itu Randi sedang bersama Filla dan ia tidak ingin menganggu Randi lagi. Pada akhirnya, Dera pun pergi dari kehidupan Randi, dan ia hanya meninggalkan sebuah kiriman email kepada Randi. Randi pun sudah mengungkapkan perasaannya kepada Filla, dan Filla juga mempunyai perasaan yang sama kepada Randi , mereka pun menjalin hubungan bersama.


Kelebihan :
Alur cerita dari novel yang membuat pembaca menjadi terhanyut, latar cerita yang begitu kental, mengesankan semua terjadi begitu nyata.

Kekurangan :
Ending cerita pada saat Dera pergi, kurang jelas apakah Dera pergi bersama Andre ke Tokyo atau tidak.Karena tidak dijelaskan apakah Dera meng-iyakan ajakan dari Andre untuk pergi ke Tokyo.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miranti Rahmanisa Template by Ipietoon Cute Blog Design